Thursday, August 26, 2010

LUBANG API DI UZBEKISTAN APA BEDANYA DENGAN LUMPUR PORONG


Tempat ini berada di Uzbekistan disebut oleh penduduk setempat "Pintu ke Neraka". Hal ini terletak dekat kota kecil Darvaz. Cerita tentang tempat ini sudah berlangsung selama 35 tahun. Setelah ahli geologi yang pengeboran untuk gas. Lalu tiba-tiba selama pengeboran mereka telah menemukan sebuah gua bawah tanah, sangat besar bahwa semua lokasi pengeboran dengan semua peralatan dan kamp-kamp punya dalam dalam di bawah tanah.

Tak ada yang berani ke sana karena gua itu penuh dengan gas. Jadi, mereka menyulutnya sehingga tidak ada gas beracun bisa keluar dari lubang, dan sejak itu, itu terbakar, sudah selama 35 tahun tanpa jeda walu sebentar. Tidak ada yang tahu berapa banyak ton gas yang sangat bagus ini terbakar selama bertahun-tahun, namun sepertinya menjadi tak terbatas di sana.
Pesan ini, yang beredar melalui email, blog dan komunitas online, mengklaim bahwa foto-foto spektakuler menunjukkan kawah besar berisi gas alam yang telah terbakar terus-menerus selama tiga dekade. Penelitian menunjukkan bahwa foto-foto yang asli dan seperti kawah gas pembakaran tidak ada, meskipun rincian beton dan diverifikasi tentang sejarah dan status saat ini agak sukar dipahami.

Gua "Pintu ke Neraka", memang dekat pemukiman Darvaza sebagaimana tercantum dalam pesan. Namun, Darvaza terletak di Turkmenistan, Uzbekistan tidak. Kedua Turkmenistan dan Uzbekistan berada di daerah yang sama dari Asia Tengah. Turkmenistan memiliki salah satu cadangan gas terbesar di dunia.

Meskipun, Darvaza, dan Turkmenistan sendiri, tidak terhubung ke rute wisata dan cenderung hanya dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai petualangan, sejumlah foto-foto lubang pembakaran gas telah membuka jalan mereka ke Internet. Foto-foto termasuk diatas muncul untuk menjadi bagian dari rangkaian diambil oleh John Bradley selama perjalanan ke daerah pada tahun 2007. Foto-foto yang sama muncul dalam sebuah posting di EnglishRussia.com dan banyak situs-situs lain. foto-foto lain yang menunjukkan lubang di siang hari yang tersedia di situs berbagi foto, flickr. YouTube video berikut ini juga menawarkan pemandangan kawah terbakar:
Menurut versi ini pesan, api telah membakar tiga puluh lima tahun, menyiratkan bahwa kecelakaan yang dijelaskan terjadi pada tahun 1970-an. Beberapa sumber menempatkan tanggal awal kecelakaan kembali ke tahun 1950-an. Kebanyakan referensi mengklaim bahwa lubang pembakaran sisa-sisa sebuah gua bawah tanah raksasa yang runtuh selama eksplorasi dan kemudian sengaja menyulut sebagai sarana untuk membakar gas melarikan diri. Namun, tampaknya ada sedikit informasi yang tersedia, yang menyediakan penjelasan rinci tentang keruntuhan gua dan keadaan sekitarnya. Penulis dan blogger Joshua punya catatan:
Salah satu hal yang paling keren saya lakukan di Turkmenistan adalah untuk mengunjungi kawah Darvaza gas pembakaran. Hal ini di antah berantah, sekitar tiga jam perjalanan melalui padang pasir utara Ashgabat.

Gua 60 meter dengan diameter dan tampaknya dibuat suatu saat 50s ketika Soviet calon pelanggan untuk gas alam di daerah ini. Itu semua buku panduan kata, dan ketika kami sampai di sana saya meminta panduan saya untuk penjelasan lebih lengkap. Jadi, bagaimana persisnya ini dibuat, aku bertanya. "Itu alami," adalah jawabannya. Jadi, saya masih belum tahu. Jika seseorang memiliki informasi saya akan sangat bersyukur mendengarnya.
Saya juga akan sangat berterima kasih untuk mengetahui rincian lebih konkret tentang lubang pembakaran Darvaza's. Jika Anda mengetahui rincian tersebut, silakan beritahu saya.

Bila kita kaitkan dengan Lumpur Porong, apa pula bedanya?

No comments: